Pengaduan Konsumen

Tata Cara Pelayanan dan Penyelesaian Pengaduan Konsumen
  1. Mekanisme Penyampaian Pengaduan Nasabah.
    Perusahaan menyadari bahwa konsumen adalah bagian yang sangat penting dari jalannya usaha Perusahaan. Namun dalam bisnis layanan dan dalam berinteraksi dengan seluruh Konsumen, dimungkinkan terjadi perbedaan pemahaman dan perusahaan tidak dapat selalu memenuhi harapan Konsumen, Oleh karena itu, untuk menjamin pelayanan yang diberikan kepada konsumen tetap terjaga dengan baik, Perusahaan telah menyediakan mekanisme pengaduan konsumen untuk mendapatkan solusi yang lebih baik.

    Penanganan pengaduan konsumen merupakan layanan yang diberikan oleh PT BNI Multifinance kepada Konsumen, termasuk penyelesaian masalah melalui jalur mediasi dengan keterlibatan pihak ketiga, untuk menjamin hak-hak konsumen sebagaimana diatur dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang mengatur mengenai Perlindungan Konsumen.

    Konsumen dapat menyampaikan pengaduan kepada PT BNI Multifinance, melalui beberapa cara antara lain :




     

  2. Pengaduan Lisan

    Pengaduan secara lisan dari konsumen akan ditangani dan diselesaikan maksimal 2 Hari Kerja sesuai dengan jenis pengaduan, pengaduan konsumen akan di catat oleh Petugas Penerima pengaduan untuk di teruskan kepada Dept Teknis terkait melalui Unit Kerja Penerimaan Pengaduan Konsumen.
     
    Apabila pengaduan konsumen yang disampaikan memerlukan penanganan dan penyelesaian lebih lanjut maka Petugas Penerima Pengaduan akan menyampaikan kepada Konsumen , bahwa Pengaduan ditingkatkan menjadi Pengaduan Tertulis, untuk itu Konsumen diminta melengkapi berkas pengaduan dengan melampirkan :
    1. Fotocopy Identitas Diri
    2. Bukti transaksi keuangan terkait permasalahan
    3. Dokumen pendukung lain sehubungan dengan permasalahan yang diadukan
    4. Mengisi Formulir Pengaduan, dapat dipandu oleh Petugas Penerima Pengaduan


     
  3. Secara Tertulis

    Pengaduan tertulis yang diajukan oleh Konsumen akan diselesaikan oleh BNI Multifinance dalam waktu 20 (duapuluh) hari kerja dan dapat diperpanjang sampai dengan 20 (duapuluh) hari kerja berikutnya pada jenis pengaduan tertentu yang membutuhkan verifikasi dan  klarifikasi lebih lanjut. Perpanjangan dari penyelesaian pengaduan akan diinformasikan kepada Konsumen.
     
    Setiap pengaduan tertulis, konsumen juga melampirkan :
    1. Fotocopy Identitas Diri
    2. Bukti transaksi keuangan terkait permasalahan
    3. Dokumen pendukung lain sehubungan dengan permasalahan yang diadukan
    4. Mengisi Form Pengaduan



     
  4. Apabila Konsumen tidak puas dengan hasil penyelesaian yang disampaikan oleh BNI Multifinance, Konsumen dapat melanjutkan upaya penyelesaian pengaduan melalui fasilitasi penyelesaian melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau lembaga alternatif penyelesaian sengketa.